Jakarta dan Pulau Jawa akan tenggelam ?

by - Rabu, September 29, 2010

 

Tengok Buletin TV3 tadi ? Terkejut jugak kan .. Jakarta boleh tenggelam tu... Huih... Maka aku pon google untuk mencari info berkaitan tentang tu ..

Jumpa ! Hehe.. sori eh..tak terjemahkan takut tersalah jemah... masalah nanti... cuma sekadar berkongsi maklumat ..

 

JAKARTA--MI: Kekhawatiran beberapa kalangan mengenai penurunan wilayah Jakarta hingga berpotensi tenggelam, ternyata terlalu berlebihan.

Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI) menilai kekhawatiran  itu berasal dari golongan yang pesimistis saja. "Wajar saja jika memang ada golongan pesimistis. Namun yang harus dipahami adalah penurunan permukaan tanah ini terjadi secara global," ujar Guru Besar Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung Prof Hang Tuah di Jakarta, Selasa (28/9).

Pasalnya, lanjut Hang Tuah, hal itu terjadi di hampir setiap kota besar yang berada di pinggir pantai. "Contohnya Bangkok dan Meksiko. Tapi bukannya lantas kita tidak bisa melakukan apa-apa dan tinggal tunggu tenggelam," tandasnya.

Kekhawatiran itu, menurutnya, cukup beralasan jika melihat gejala makro yang terjadi secara global, yaitu penurunan permukaan tanah dan peninggian permukaan air laut. Namun, ia membantah jika hal itu dapat menyebabkan seluruh kota Jakarta tenggelam dalam 20 tahun mendatang.

"Kalau ada sebagian wilayah Jakarta yang akan sering tergenang karena hal itu memang iya. Tapi tidak semua Jakarta. Jakarta Utara terutama, seperti Pluit dan Muara Karang. Karena di sana permukaan tanah memang rendah sekitar 1 meter sampai 1,5 meter dan pembangunan di sana pun semakin masif. Bangkok pun seperti itu, tapi mereka bisa atasi dengan pasang tanggul keliling," jelasnya.
Hal senada juga diungkapkan anggota HATTI lainnya, I Wayan Sengara. Pengajar Geoteknik Fakultas Teknik Sipil ITB itu menyatakan, simpulan yang menyatakan Jakarta akan tenggelam tidak lama lagi hanya lantaran peristiwa longsornya Jalan Martadinata terlalu berlebihan. (CS/OL-2)

sumber : MediaIndonesia

BA : Hehe... apa dalam kepala korang ek ??

You May Also Like

4 comments